MATERI EXPERT SYTSEM (SISTEM PAKAR)
A.
SEJARAH SINGKAT SISTEM PAKAR
Sistem pakar pertama kali dikembangkan oleh periset kecerdasan
buatan pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dan diterapkan secara komersial
selama 1980-an. Bentuk umum sistem pakar adalah suatu program yang dibuat
berdasarkan suatu set aturan yang menganalisis informasi (biasanya diberikan
oleh pengguna suatu sistem) mengenai suatu kelas masalah spesifik serta
analisis matematis dari masalah tersebut. Tergantung dari desainnya, sistem pakar
juga mampu merekomendasikan suatu rangkaian tindakan pengguna untuk dapat
menerapkan koreksi. Sistem ini menerapkan kapabilitas penalaran untuk mencapai
suatu tujuan.

B.
BEBERAPA PENGERTIAN
Sistem pakar adalah sistem komputer yang berusaha untuk mewakili pengetahuan
keahlian manusia dalam bentuk aturan yang menjadi patokan atau aturan untu
menebak dengan benar.
Sistem Pakar menurut Wikipedia adalah sistem
informasi yang berisi dengan pengetahuan dari pakar sehingga dapat digunakan
untuk konsultasi. Pengetahuan dari pakar sistem ini digunakan sebagai dasar
oleh sistem pakar untuk menjawab pertanyaan (konsultasi).
Kepakaran(expertise) adalah
pengetahuan yang ekstensif dan spesifik yang diperoleh melalui rangkaian
pelatihan, membaca, dan pengalaman. Pengetahuan pakar dapat mengambil keputusan
lebih cepat daripada non pakar.
C.
TUJUAN SISTEM PAKAR
Tujuan sistem pakar : untuk mentransfer
kepakaran dari seorang pakar ke komputer, kemudian ke orang lain (yang bukan
pakar).
D.
BAGIAN UTAMA
Bagian utama dari sistem pakar :
1.
User interface
User interface memungkinkan manajer untuk
memasukkan instruksi dan informasi ke dalam sistem pakar dan menerima
informasi dari sistem pakar.
2.
Knowledge base
Memuat fakta-fakta yang menjelaskan area
masalah dan juga teknik menerangkan masalah yang menjelaskan bagaimana
fakta-fakta tersebut cocok satu sama lain dalam urutan yang logis.
3.
Inference engine
Bagian dari sistem pakar yang melakukan
penalaran atau pemikiran dengan basis pengetahuan berdasarkan urutan tertentu
4.
Development engine
Komponen utama sistem pakar yang digunakan
untuk menciptakan sistem pakar.

E.
ELEMEN-ELEMEN PAKAR
Elemen-elemen sistem pakar :
1.
Pengalaman
2.
Orang ahli (pakar)
3.
Transfer pengalaman
4.
Pembuatan alasan
5.
Pembuatan simbol
6.
Aturan
7.
Kemampuan untuk menjelaskan
F.
KEUNTUNGAN PAKAR
1.
Bagi Manajer
:
a.
Mempertimbangkan lebih banyak alternatif
b.
Menerapkan logika yang lebih tinggi
c.
Menyediakan lebih banyak waktu untuk
mengevaluasi hasil keputusan
d.
Membuat keputusan yag lebih konsisten
2.
Bagi Perusahaan
:
a.
Kinerja perusahaan yang lebih baik
b.
Mempertahankan pengendalian atas pengetahuan
perusahaan
G.
KERUGIAN PAKAR
1. Kerugian
sistem pakar :
a.
Tidak dapat menangani pengetahuan yang tidak
konsisten
b.
Sistem pakar tidak dapat menerapkan penilaian
dan instuisi
H.
KELEBIHAN SISTEM PAKAR
Manfaat yang dapat diambil dari sistem
pakar :
a.
Memnugkinkan orang awam bisa mengerjakan
pekerjaan para ahli.
b.
Bisa melakukan proses secara berulang secara
otomatis.
c.
Menyimpan pengetahuan dan keahlian para pakar.
d.
Meningkatkan output dan produktivitas.
e.
Meningkatkan kualitas.
f.
Mampu mengambil
dan melestarikan keahlian para pakar (terutama keahlian langka).
g.
Mampu beroperasi dalam lingkungan yang
berbahaya.
h.
Memiliki kemampuan untuk mengakses pegetahuan.
i.
Memiliki reliabilitas.
j.
Meningkatkan kapabilitas sistem komputer.
k.
Memiliki kemampuan untuk bekerja dengan
informasi yang tidak lengkap dan mengandung kepastian.
l.
Sebagai media pelengkap dalam pelatihan.
m.
Meningkatkan kapabilitas dalam penyelesaian
maslah.
n.
Menghemat waktu dalam pengambilan keputusan.
I.
KELEMAHAN SISTEM PAKAR
Beberapa kelemahan sistem pakar :
a.
Biaya mahal karena ada banyak data.
b.
Perlu admin khusus untuk upadate informasi dalam
bidang yang sesuai.
c.
Pengembangan perangkat lunak lebih sulit
daripada perangkat lunak konvensonal.
d.
Sulit dikembangkan.
e.
Membutuhkan waktu lama.
J.
CONTOH-CONTOH SISTEM PAKAR
Adapun contoh-contoh sistem pakar :
1.
MYCIN : diagnosa penyakit.
2.
Dendral : mengidentifikasi struktur molekul
campuran kimia yang tidak dikenal.
3.
XCON & XSEL : konfigurasi sistem komputer
besar.
4.
Prospector : bidang biologi.

Referensi :
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pakar
2. https://icomit.files.wordpress.com/2011/01/1.jpg
3. http://herugan.com/wp-content/uploads/2012/11/sistem-pakar-dan-DSS.png
4. http://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&ved=&url=http%3A%2F%2Fwww.balimobi.com%2Fimage%2F13.jpg&psig=AFQjCNGrsEZ-uUKm54SLznActxYOBZbxJA&ust=1450882396750128
The Casino, Las Vegas, NV - MapYRO
BalasHapusThe Casino · 3131 충주 출장마사지 S 목포 출장마사지 Las Vegas Blvd · 보령 출장샵 (702) 770-7000 · Visit Website. http://www.thecasino.com · 세종특별자치 출장안마 Website. 경상북도 출장샵